Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Senin, 26 Desember 2011

Kadin Pamekasan gandeng BNI beri kredit lunak nelayan

PAMEKASAN, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan, Madura, terus berusaha memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk di sektor kelautan dan perikanan. Menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) dan Pemkab Pamekasan, Kadin Pamekasan meresmikan Kampung Nelayan BNI.
"Kampung Nelayan ini ke depan akan menjadi pusat pemberdayaan nelayan dalam mengembangkan berbagai komoditas laut," ujar Ketua Umum Kadin Pamekasan Suhartono kepada kabarbisnis.com seusai peresmian Kampung Nelayan di Pamekasan, Rabu (9/3/2011).
Suhartono menuturkan, di Kampung Nelayan BNI tersebut akan ada berbagai macam program untuk mengembangkan kapasitas UMKM sektor kelautan dan para nelayan. Mulai dari pelatihan pengolahan hasil laut hingga penyusunan manajemen keuangan akan diberikan kepada para UMKM dan nelayan.
Kadin Pamekasan juga memfasilitasi pemberian kredit lunak dari BNI kepada para UMKM nelayan. Dalam tahap awal hari ini, BNI mengucurkan Rp460 juta kepada 46 nelayan di mana masing-masing nelayan mendapat kucuran Rp10 juta.
"Kredit lunak ini bunganya hanya 6%. Program ini sekaligus menghindarkan nelayan dari jeratan lintah darat, karena selama ini permodalan menjadi salah satu kendala utama usaha mikro sektor kelautan di Pamekasan," jelasnya.
Kredit lunak dari BNI ini hanya tahap awal dari langkah Kadin Pamekasan untuk menggandeng bank-bank lain untuk memberikan kredit lunak ke dunia UMKM di Pamekasan. "Kredit lunak BNI ini hanya pemicu. Kami akan menggandeng bank-bank lain untuk memberikan skema khusus kredit lunak kepada para UMKM di Pamekasan," terang Suhartono.
Ke depan, kata dia, Kadin Pamekasan akan memfasilitasi 13 kecamatan lain untuk menjadi Kampung Nelayan. "Kita arahkan pola produksi nelayan dari subsiten ke arah pendekatan komersial, jadi orientasinya bisnis," ujarnya.
Saat ini anggota Kadin Pamekasan mencapai 250 dunia usaha. kbc5
sumber:http://www.kabarbisnis.com/read/2818611

Tidak ada komentar:

Posting Komentar