Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Jumat, 01 Juni 2012

Kulit jagung disulap jadi kerajinan kualitas ekspor

TUBAN, kabarbisnis.com: Upaya peningkatan kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah terus dilakukan. Salah satunya dengan melibatkan perusahaan-perusahaan besar, seperti PT Pertamina. Perusahaan migas pelat merah ini mencoba melakukan optimalisasi kinerja UMKM di Tuban, Jawa Timur, dengan mengadakan program pengelolaan kulit jagung.

Program tersebut berupa pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan kulit jagung untuk sekitar 45 perempuan dari empat desa di Kecamatan Jenu, Tuban, yaitu Desa Mentoso, Remen, Tasikharjo, dan Purworejo.
General Manager PT Pertamina Pemasaran Jatim, Bali dan Nusatenggara, Afandi mengatakan, selama ini kulit jagung dibuang sia-sia oleh masyarakat. Mereka tidak mengerti bahwa kulit jagung bisa dioleh menjadi komoditas layak jual. Sementara potensi komoditas jagung di Tuban cukup besar.
Melalui program ini, akhirnya kulit jagung bisa disulap menjadi bunga kering, tas, tempat tisu dan boneka serta beberapa kerajinan tangan lainnya. Bahkan, sebagian juga sudah diekspor ke Eropa.
"Agar potensi ini bisa tergarap maksimal dan bisa meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat, maka kami berupaya memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar tentang pengelolaan kulit jagung. Dan Alhamdulillah, sebagian produksi kulit jagung ini juga telah diminati pembeli dari Eropa," ujar Afandi saat peresmian bantuan laboratorium komputer di SMPN 2 Jenu dan pemberdayaan masyarakat tentang pengolahan kulit jagung di Jenu Tuban, Selasa (22/5/2012).
Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein berharap program ini bisa terus ditingkatkan. Tak hanya dengan mengajari mereka untuk mengelola kulit jagung menjadi bunga kering, juga bisa dikembangkan menjadi lukisan.
"Kami mengharap, program pengelolaan kulit jagung bisa ditingkatkan. Jangan hanya bunga, mungkin bisa dikembangkan menjadi lukisan. Kami minta kepada pertamina untuk mengajak perwakilan perempuan di sini melakukan studi banding ke Jogja atau Solo dan Bali," ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, Pertamina juga memberikan bantuan berupa Lab Komputer yang terdiri dari 17 paket komputer, printer, set meja dan kursi serta penambahan daya listrik. Rungan juga diberikan pendingan AC dan karpet agar rungan Lab menjadi lebih nyaman. Bantuan Lab Komputer ini diberikan kepada SMPN 2 Jenu Tuban yang berlokasi di dekat Terminal BBM Tuban. kbc6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar