Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Jumat, 14 September 2012

Pemerintah Diminta Bangun Waduk Guna Atasi Kekeringan

JAKARTA - Komisi IV DPR RI mengusulkan agar pemerintah membangun banyak waduk, bendungan, maupun wahana sumber air lainnya. Hal tersebut guna mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau.


"Jika sumber airnya ada, maka bisa banyak cara dilakukan untuk pendistribusian air bagi kebutuhan masyarakat pada musim kemarau," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Herman menilai pompanisasi yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu cara pendistribusian air pada musim kemarau guna mengatasi kekeringan. Namun, cara pompanisasi ini baru bisa dilakukan jika ada sumber airnya dan cukup memadai. Sebaliknya jika tidak ada sumber air, maka tidak bisa dilakukan pompanisasi.

Menteri Pertanian, Suswono, sebelumnya menyatakan Kementerian Pertanian menyiapkan sistem pompanisasi irigasi, waduk, dan embung, untuk mengantisipasi kekeringan di lahan pertanian akibat musim kemarau. "Pompanisasi akan dikelola sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan petani secara merata," kata Suswono. (Republika.co.id)
Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar