Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Senin, 27 Agustus 2012

DPRD Desak Penyediaan Dana Talangan Bahan Pokok

SEMARANG - Anggota DPRD Jawa Tengah, Senin (27/8/2012) mengusulkan supaya Gubernur Bibit Waluyo mencadangkan dana talangan di alokasi APBD.

Tujuan adanya dana talangan, untuk mengantisipasi lonjakan harga-harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, dan Tahun Baru setiap tahun. Konsep ini setidaknya bisa membantu meringankan warga miskin.

"Perlu mulai disiapkan dana talangan sebesar Rp 10 miliar sampai Rp 15 miliar. Dana itu diambilkan dari APBD setiap tahun," kata Indah Mustika Yuliati, anggota DPRD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), pada rapat paripurna DPRD Jateng di Semarang, Senin ini.

Menurut Indah, mulai APBD 2013 sudah saatnya alokasi anggaran talangan itu disiapkan. Dengan adanya dana besar itu, pemerintah leluasa dalam menstabilitasi harga bahan pokok dengan operasi pasar, serta menggelar pasar murah khusus untuk warga yang berpenghasilan di bawah Rp 20.000 per hari.

Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD Jateng, Ali Suyono, mengemukakan, di samping dana talangan, pemprov perlu lebih banyak turun memantau sentra-sentra produksi pangan di daerah.

Terjadinya gejolak harga bahan-bahan pokok yang terjadi setiap perayaan hari besar, merupakan bukti aparat pemerintah kurang mampu mengendalikan distribusi bahan pokok ketika masyarakat membutuhkannya.

Sumber: kompas.com
Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar