Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Jumat, 24 Agustus 2012

Okupansi Hotel Telaga Sarangan Selama Lebaran Penuh

Magetan - Okupansi atau tingkat hunian hotel di kawasan wisata Telaga Sarangan yang terletak di lereng Gunung Lawu, Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jatim, selama liburan Lebaran tahun 2012 terpantau penuh.

Salah satu pengurus hotel
di kawasan Telaga Sarangan, Tyas, Jumat, mengatakan, rata-rata hunian kamar yang tersedia telah habis terpesan setelah Hari Raya Idul Fitri hingga akhir pekan mendataag.

"Seluruh kamar hotel telah penuh dipesan. Para tamu telah memboking kamar sejak setelah lebaran hingga tanggal 26 Agustus 2012," ujar dia kepada wartawan.

Menurut dia, sebagian besar para tamu telah memesan terlebih dahulu kamar-kamar hotel di Telaga Sarangan pada satu minggu sebelumnya. Bahkan ada beberapa tamu yang memesan sejak sebulan sebelumnya.

"Pengunjungnya rata-rata adalah tamu sekeluarga yang ingin menghabiskan liburan setelah berlebaran dengan saudara di kampung halaman," kata dia.

Kondisi yang menguntungkan ini dimanfaatkan oleh pengelola hotel untuk menaikkan tarif kamar hotel hingga 100 persen dari hari biasa. Hal ini terjadi setiap tahun dan sudah dipahami oleh para tamu hotel.

"Jika biasanya tarif hanya Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per kamar. Kini bisa naik hingga mencapai Rp500 ribu per kamar. Bahkan yang model vila bisa mencapai Rp1 juta," terangnya.

Tingginya okupansi hotel di kawasan Sarangan dibenarkan oleh Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pos Retribusi Telaga Sarangan, Kuswinardi. 

Pihaknya memperkirakan tingkat hunian hotel di kawasan Telaga Sarangan Magetan meningkat hingga 80 persen dari hari biasa. Bahkan, sejumlah hotel ada yang seluruh kamar-kamarnya penuh disewa.

"Puncak kunjungan di Telaga Sarangan terjadi hanya pada saat liburan tahun baru dan hari raya keagamaan setiap tahunnya. Sehingga, hal ini menjadi momen tersendiri bagi para pengusaha hotel untuk menaikkan tarifnya," kata Kuswinardi. (*)
sumber : http://antarajatim.com/lihat/berita/93785/okupansi-hotel-telaga-sarangan-selama-lebaran-penuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar